Kamis, 22 Maret 2018 12:55 WITA

Tips Berkendara Aman di Saat Hujan 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Berkendara Aman di Saat Hujan 
Sumber Foto: Kompas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Di musim penghujan ini, pengendara sepeda motor harus lebih hati-hati serta harus memerhatikan beberapa aspek sebelum dan saat berkendara. Karena selain jalanan yang menjadi lebih licin, jarak penglihatan pengendara juga terbatas karena air hujan.
 
Safety Riding Analyst Astra Motor Makassar, Abdul Kadir mengungkapkan bahwa selain jalanan yang licin, genangan air yang kadang “menyembunyikan” lubang membahayakan bisa menyebabkan risiko kecelakaan bagi pengendara sepedah motor.

"Kita butuh konsentrasi dan persiapan ekstra ketika terpaksa harus berkendara dalam kondisi hujan," ungkap Kadir. 

Berikut beberapa tips aman berkendara sepeda motor saat hujan yang perlu anda ketahui:
 
1. Pastikan Fisik Prima 
Berkendara dalam kondisi yang lelah, letih dan tidak dalam kondisi prima dapat menurunkan tingkat konsentrasi yang menyebabkan kurangnya kemampuan reflex atau pengambilan keputusan dalam kondisi kritis. Dalam kondisi hujan tubuh akan menggigil dan tidak bisa berkendara dengan baik. 

2. Kenakan mantel hujan 
Pengendara perlu menggunakan mantel hujan. Namun perhatikan juga jenis mantel hujan yang tepat, agar tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala dan seluruh tubuh yang membutuhkan gerakan dalam berkendara. Hindari penggunaan mantel hujan bertipe ponco. Mantel hujan bertipe ponco cenderung tidak aman karena berpotensi tersangkut di roda atau terkait di kendaraan lain. 

3. Pastikan ban prima 
Ban yang kembangnya bagus akan memiliki daya cengkeram yang baik di atas aspal. Karena itu, penting bagi pengendara untuk selalu menggunakan ban yang prima agar keseluruhan fungsi rem bisa berjalan baik, dan mengurangi potensi tergelincir. 

4. Lampu-lampu menyala 
Lampu-lampu disepeda motor agar dalam kondisi berfungsi dan menyala dengan baik agar dapat membantu pengguna jalan lainnya mengetahui kehadiran dan posisi anda. 

5. Waspada genangan air 
Genangan air di jalan sulit ditebak. Ketika melihat genangan air yang mencurigakan ada lubang dibawahnya sebisa mungkin hindari genangan tersebut. Jika terpaksa segeralah perlambat laju motor agar terhindar dari terperosok dan risiko fatal lainnya. Jangan sembarang menerobos genangan air, karena genangan air yang terlalu dalam dapat mengakibatkan kendaraan mogok atau terperosok kedalam lubang. 

6. Jangan tergesa-gesa 
Kala hujan biasanya pengendara memacu kendaraannya lebih cepat agar mencari tempat berteduh atau agar segera sampai ditujuan untuk menghindari hujan yang lebih besar. Tetapi hal ini justru dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan karena akan mengganggu konsentrasi berkendara. 

7. Berteduh dengan aman 
Ketika sudah sangat deras, jangan paksakan diri untuk berkendara menembus hujan. Berteduhlah ditempat yang aman dan tepat, serta tidak mengganggu pengguna jalan lain. Hindari berteduh di badan jalan, kondisi jalanan yang hujan biasanya tidak dapat dilihat terlalu jelas sehingga dapat mengakibatkan pengendara menjadi korban kecelakaan.