Rabu, 28 Maret 2018 17:57 WITA

Performa Mobil Turun, Tangki Mobil Anda Kemungkinan Kemasukan Air

Editor: Adil Patawai Anar
Performa Mobil Turun, Tangki Mobil Anda Kemungkinan Kemasukan Air

RAKYATKU.COM - Setidaknya, ada segelintir orang yang khawatir jika air akan merembes ke tangki mobil selama musim hujan. Sebenarnya, hal itu sudah diantisipasi pabrikan dengan memasang sekat air. Namun, peluang bocor tetap saja ada.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui jika air masuk ke tangki bahan bakar? Dilansir otosia.com, inilah beberapa gejala air merembes ke tangki bensin.

1. Kondisi Tangki
Sesekali, coba lihat kondisi tangki mobil. Jika muncul karat, artinya air sudah masuk ke dalam tangki. Pasalnya, massa jenis air yang lebih berat membuatnya mengendap di dasar tangki.

Hal itulah yang akhirnya menyebabkan tangki berkarat. Masalah akan bertambah jika karat yang rontok sampai masuk ke mesin.

2. Performa Turun
Kandungan air juga dapat mengurangi efisiensi pembakaran. Akibatnya, akselerasi akan menurun dan konsumsi bahan bakar cenderung meningkat. Selain itu, mesin juga akan sering mati karena kadar air sudah terlanjur tinggi. Bahkan, air yang merembes bisa menggagalkan pembakaran yang terjadi pada mesin.

3. Keluar Uap dari Knalpot
Jika kadar air belum terlalu tinggi, maka ia akan menguap ketika terjadi pembakaran. Uap yang terbentuk kemudian dikeluarkan dari knalpot. Selain itu, akan ada tetesan air dari knalpot akibat kondensasi.