Jumat, 30 Maret 2018 06:30 WITA

Muncul Avanza Desain SUV, Masuk ke Indonesia?

Editor: Nur Hidayat Said
Muncul Avanza Desain SUV, Masuk ke Indonesia?
Avanza desain SUV yang hadir di Malaysia.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Agen pemegang merek (APM) Toyota di Malaysia, UMW Toyota Motor, belum lama ini memperkenalkan Avanza dengan desain baru yang bergaya SUV. Ada kemungkinan masuk ke Indonesia?

Model ini merupakan varian baru Avanza 1.5X. Langkah Toyota Malaysia dengan Avanza desain SUV ternyata enggan diikuti Toyota Astra Motor (TAM), selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia. 

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan pengembangan sebuah produk di suatu negara menjadi hak setiap APM. Biasanya pengembangan juga baru akan dilakukan sesuai kebutuhan pasar. 

Yaris Ativ milik Toyota Thailand misalnya, yang tidak diikuti Toyota di Indonesia. Demikian Yaris Heykers milik Toyota Indonesia, yang tidak diikuti Toyota di Thailand ataupun Malaysia. 

"Penyegaran tergantung pasar yang ada di masing-masing negara. Jadi local development sah dimiliki masing-masing negara," kata Soerjo dikutip Kompas.com.

Mengenai Avanza desain SUV di Malaysia, Soerjo merasa TAM tidak perlu mengadopsi konsep yang sama. Itu karena TAM sudah punya produk asli SUV yang kebetulan berkapasitas sama dengan Avanza, yakni Rush. 

Soerjo menyatakan TAM tidak mau membuat sebuah produk yang konsepnya MPV desain SUV ataupun sebaliknya. "Kenapa kita tidak mau mengikut Malaysia, karena kita mau membedakan SUV 7-seaters dan MPV 7-seaters. Dengan kata lain Avanza dan Rush berbeda," ucap Soerjo.