Minggu, 01 April 2018 15:58 WITA

5 Tahun Mendatang, Mobil Listrik Diprediksi Sudah Diproduksi di Indonesia

Editor: Adil Patawai Anar
5 Tahun Mendatang, Mobil Listrik Diprediksi Sudah Diproduksi di Indonesia

RAKYATKU.COM - Nampaknya Indonesia tengah serius dalam penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Terlihat dengan keluarnya regulasi terkait hal tersebut yang memperbolehkan pabrikan mengimpor mobil listrik, hybrid, dan energi terbarukan lainnya untuk ditawarkan di Indonesia.

Dilansir dari Liputan6.com, mobil impor nol emisi ini akan mendapat keringanan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Bahkan, kabarnya pajak tersebut akan berkurang sampai nol persen.

"Awal itu, untuk membangun volume. Impor, tapi diharapkan dapat membangun skala ekonomi untuk bisa diproduksi lokal," ucap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Berdasarkan sumber yang sama, Airlangga berharap bahwa pabrikan di Indonesia mulai memproduksi kendaraan ramah lingkungannya sendiri. Ia menargetkan setidaknya tiga sampai lima tahun Indonesia sudah bisa mengurangi impor mobil nol emisi karena produksi dalam negeri.

"Diusahakan nol persen (PPnBM). Saat ini masih berkoordinasi dengan kementerian terkait, dan segera diterbitkan," katanya.

Tak hanya penggunaan mobil listrik, pemerintah pun semakin menerapkan standar emisi Euro4 bagi kendaraan bensin. Rencananya, pada 2022 akan diterapkan standar yang sama untuk mesin diesel.