Selasa, 03 April 2018 08:00 WITA

Sering Diabaikan, Ternyata Ini Fungsi Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil

Editor: Aswad Syam
Sering Diabaikan, Ternyata Ini Fungsi Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil
Garis vertikal pada kaca belakang mobil

RAKYATKU.COM - Pernahkah kamu melihat garis melintang berwarna cokelat pada kaca belakang mobil? Banyak yang mengira bahwa bagian tersebut sekadar stiker yang berfungsi sebagai hiasan. Tapi jika ditelisik lebih lanjut, rupanya ada peran yang sangat vital namun kerap terabaikan.

Menurut situs resmi Nissan Indonesia sebagaimana dilansir otoasia, garis-garis itu disebut dengan defogger. Fungsinya ialah menghilangkan embun ketika mobil sedang melaju di tengah hujan.

Hal ini berkaitan dengan visibilitas berkendara yang seringkali terganggu apabila di luar kabin sedang basah. Ketika AC tidak menyala, pandangan ke arah belakang kerap buram karena embun. Pengembunan tersebut terjadi karena perbedaan suhu udara antara di dalam kabin dan lingkungan luar.

Karena itulah defogger sangat berguna untuk bikin kaca kembali bersih. Garis-garis yang menempel pada kaca tersebut memiliki elemen panas yang mampu menyeimbangkan suhu.

Sistem akan memanaskan elemen itu membuat embun lenyap dengan waktu singkat. Cara kerjanya mirip dengan kompor listrik di mana panas diinduksikan ke seluruh bagian permukaan kaca belakang.

Cara mengaktifkan defogger
Bagi mereka yang masih awam, tentu akan kebingungan untuk mengaktifkan fitur yang sudah banyak dipakai oleh mobil-mobil modern ini.

Cara mengaktifkan defogger ialah dengan menekan tombol yang biasanya terletak pada konsol utama AC. Umumnya, tombol tersebut ditandai dengan simbol persegi panjang yang dilintasi oleh tiga panah meliuk.

Selamat mencoba!