Selasa, 03 April 2018 10:40 WITA

Solusi Agar Suspensi Agya/Ayla Tidak Turun Jika Muatannya Penuh

Editor: Adil Patawai Anar
Solusi Agar Suspensi Agya/Ayla Tidak Turun Jika Muatannya Penuh

RAKYATKU.COM - Pengguna Toyota Agya/Ayla sering mengeluhkan saat muatan sudah penuh. Jika penumpang di belakang semuanya diisi orang dewasa, bagian belakang mobil LCGC tersebut akan terlihat menurun. Begitupun tarikannya semakin berat.  

Hal tersebut juga dibenarkan salah satu petinggi dari Toyota Agya Club (TAC) Perdana Abadi. Menurutnya, suspensi Agya yang terlalu lembut disebabkan dari per dari pabrikan.

“Itu sangat terasa ketika sedang dalam kondisi muatan penuh,” ucap Perdana Abadi dilansir otomotif.

Dengan kondisi standar seperti itu, maka beberapa anggota TAC mencari cara agar suspensi Agya terasa lebih nyaman saat muatan penuh. Dari uji coba yang sudah dilakukan, kombinasi per dari BMW E350 dan Daihatsu Gran Max yang jadi solusi.

Sudah bisa dibayangkan bagaimana penempatan dari ke-2 per dari jenis kendaraan yang berbeda itu. Untuk mengejar kenyamanan berkendara, maka per bawaan BMW dipasang pada sisi depan.

“Untuk bagian belakang, butuhnya per yang lebih keras. Oleh karenanya, per bawaan Gran Max diandalkan,” ucap pria yang bisa dipanggil Dana itu. Biaya yang dibutuhkan untuk ganti per tersebut kisarannya Rp 800 ribu, tertarik?