Kamis, 05 April 2018 11:32 WITA

Bukan Hiasan, Ini Sebenarnya Fungsi Spoiler Mobil

Editor: Adil Patawai Anar
Bukan Hiasan, Ini Sebenarnya Fungsi Spoiler Mobil

RAKYATKU.COM - Pemasangan beberapa komponen mobil kerap hanya dipasang sebagai hiasan oleh sebagian. Ternyata, setiap tambahan part tersebut bisa berdampak positif atau negatif pada mobil. Salah satu yang sering dipandang sebagai pemanis ialah spoiler.

Tak hanya menambah estetika, spoiler ternyata juga bisa meningkatkan performa mobil saat berlari. Dikutip dari Nissan.co.id, sayap di belakang mobil ini memengaruhi sisi aerodinamika.

Karena itulah, pemasangan spoiler dilakukan untuk menambah downforce atau daya tekan ke bawah. Efeknya ialah gaya angkat yang timbul saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi dapat berkurang.

Tak main-main, gaya angkat itu dapat membuat mobil melayang sehingga lajunya tak stabil. Akibatnya, pengemudi akan kehilangan kontrol dan bisa menyebabkan mobil terpelanting.

Karena dampaknya cukup signifikan, pemasangan spoiler pun tak boleh asal dan harus presisi. Bukannya meningkatkan performa, spoiler yang salah pasang hanya akan menimbulkan masalah.

Persoalan yang kerap timbul adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar. Pasalnya, part tersebut hanya menambah beban bagi mobil.