Jumat, 06 April 2018 08:00 WITA

Toyota C-HR, SUV Pendatang Baru Segera Meluncur di Makassar

Editor: Nur Hidayat Said
Toyota C-HR, SUV Pendatang Baru Segera Meluncur di Makassar
Toyota CH-R.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi akan meluncurkan Toyota C-HR pada 10 April 2018.  Mobil ini menjadi salah satu amunisi baru agen tunggal pemilik merek (ATPM) Toyota di Indonesia itu berkompetisi di segmen sport utility vehicle (SUV).

Dikutip laman Kumparan.com, di Jawa Toyota sudah membuka pemesanan untuk konsumen yang berniat meminang model teranyar ini. "Kami sudah open inden dari sekitar sebulan lalu," ucap seorang tenaga penjual diler remi Toyota di kawasan Jakarta Selatan.

Saat ini diler tengah menunggu distribusi dari TAM untuk pendistribusian unit ke diler. "Unitnya sudah sampai di Indonesia karena kami kan memang CBU Jepang, dijanjikan sih 2-3 hari setelah launching baru sampai ke sini (diler) untuk di-display."

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi soal spesifikasi yang dimiliki oleh tenaga penjual.  "Kami belum terima info, karena training-nya juga belum ada. Tapi sejauh ini yang kami terima infonya baru soal mesin yang menggunakan mesin 1.800 cc, dan ada pilihan hybrid dan non-hybrid," jelasnya. 

Pun demikian soal harganya, pihak diler belum menerima informasi terkait harga yang akan dibenamkan untuk Toyota C-HR. Tenaga penjual hanya memberi kisaran harga yang aka nada di angka Rp 350-400 juta. 

Spesifikasi terkait Toyota C-HR yang akan dijual di Indonesia sudah dimuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri di laman Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Dalam lampiran itu, Toyota C-HR tersedia dua pilihan. Pertama; C-HR 1.8 yang masih menggunakan bahan bakar bensin dengan transmisi otomatis dengan kode ZGX11R-CHXEGD dan C-HR versi hybrid 1.8 HV A/T berkode ZYX10R-CHXGBT.

Tak hanya itu, lampirannya juga menyebutkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Toyota C-HR, masing-masing Rp359 juta untuk C-HR 1.8 A/T dan Rp 429 juta untuk C-HR HV A/T.

Bagaimana di Makassar? General Manager Marketing Kalla Toyota, Tarsmin, sedikit memberikan bocoran terkait peluncuran Toyota CH-R di Makassar. "Sebenarnya kami berharap peluncurannya di bulan yang sama (April). Kalau di Jakarta ready, di sini ready," ucap pria berkacamata ini.

Berkaca saat hadirnya varian-varian baru Toyota sebelumnya, rentang waktu peluncuran di Jawa dengan di Makassar tidak terlalu lama. "Sebenarnya tergantung pengapalan (angkut ke Makassar). Kira-kira 1-2 minggu. Jadi kita menunggu saja," ucap Tarsimin.