Minggu, 08 April 2018 19:58 WITA

4 Fitur Dasar Keselamatan Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Editor: Adil Patawai Anar
4 Fitur Dasar Keselamatan Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

RAKYATKU.COM - Sebagai pengendara, otolovers harus paham tentang keselamatan berkendara. Maka, saat membeli mobil ada baiknya untuk memastikan mobil yang dibeli memiliki fitur keselamatan yang baik, selain melihat dari segi interior dan eksterior.

Berikut 4 fitur dasar keselamatan yang wajib ada dan kamu tahu.

1. Anti-lock Braking System (ABS)
Dilansir otosia.com, ABS sudah menjadi salah satu fitur wajib yang tersemat pada mobil, terlebih mobil dengan kapasitas mesin yang cukup tinggi, di atas 1.500 CC. Secara sederhana, rem ABS adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci jika pengereman mendadak. Fitur ini sangat berguna, misalnya di jalanan basah atau pasir.

Sistem kerja fitur ini dapat mencegah roda terkunci saat pengemudi menginjak pedal rem secara mendadak, rem ABS bisa menghentikan mobil tanpa slip. Sementara mobil non-ABS, dengan kecepatan yang sama, justru akan tergelincir. Fitur ini cukup ideal digunakan saat mengemudi di kondisi jalan hujan dan licin.

2. Safety Belt (sabuk pengaman)
Safety belt alias sabuk pengaman sesuai namanya berguna untuk menjaga keselamatan penumpang untuk mengurangi efek benturan saat kecelakaan. Jika dulu sabuk pengaman hanya ada pada jok bagian depan, kini tak sedikit mobil modern yang menyediakan sabuk pengaman pada setiap joknya. Sabuk pengaman memiliki sistem otomatis yang dapat mengendur atau mengencang sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

3. Kantung Udara (Airbag)
Kantung udara (airbag) merupakan fitur keselamatan lainnya. Airbag dinilai sebagai fitur standar y ang wajib ada pada setiap mobil saat ini. Kantung udara dengan material khusus ini akan mengembang saat mendapat sensor benturan kecelakaan untuk melindungi penumpang di dalamnya.

Posisi airbag bermacam-macam tergantung pada jenis mobilnya. umumnya airbag terletak di depan pengemudi dan penumpang, depan kaki pengemudi, jok dan lainnya. Fitur ini berfungsi apabila hanya mendapat benturan dari bagian depan mobil. Jika ada benturan dari samping atau dari belakang airbag tidak terlalu melindungi dari benturan.

4. Electronic Stability Control (ESC)
ESC terdapat teknologi yang terhubung langsung pada lingkar kemudi dan roda untuk menjaga keselamatan pengemudi saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti mencegah oversteer. Jika sistem mendeteksi mobil kehilangan kontrol, sistem akan secara otomatis mengaktifkan rem agar kondisi mobil tetap berada dalam keadaan stabil.

Tapi selain mengandalkan 4 fitur keselamatan itu, caramu berkendara juga menentukan keselamatan. JIka kendaranmu sudah dilengkapi dengan 4 fitur tersebut, maka pergunakanlah dengan baik dan selalu memeriksa kondisinya untuk performa yang sempurna.