Selasa, 10 April 2018 08:00 WITA

Begini Tanda Sistem Transmisi Bermasalah

Editor: Aswad Syam
Begini Tanda Sistem Transmisi Bermasalah
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Terasa berat saat mengganti gigi saat berkendara, jangan dianggap sepele. Sebab, ini bisa menjadi pertanda bahwa sistem transmisi mengalami kerusakan.

Apabila dibiarkan lama, risiko sistem transmisi rusak total dapat terjadi, bahkan akan mempengaruhi komponen kendaraan lainnya. Gejala di atas bukanlah satu-satunya pertanda. Terdapat beberapa gejala lain yang dapat Anda ketahui dan rasakan saat berkendara.

Dilansir dari otoasia, pertanda yang paling umum yakni menyalanya simbol peringatan di speedometer. Sayangnya peringatan ini belum tentu memberitahukan adanya permasalahan transmisi, bisa saja akibat komponen lain yang mempengaruhi sistem pergantian gigi.

Gejala lainnya, gigi yang berubah sendiri tanpa adanya perintah. Gejala tersebut dapat dirasakan ketika mesin meraung keras akibat engine break yang terjadi.

Terakhir adalah keterlambatan respons akselerasi. Sistem transmisi berisikan komponen berupa gigi yang saling berputar. Seiring waktu, gigi ini akan aus karena saling bergesekan. Akibatnya gigi tak lagi saling mencengkram, sehingga respons akselerasi menjadi terlambat.