Selasa, 10 April 2018 07:00 WITA

Tips Memodifikasi Ujung Knalpot Mobil

Editor: Aswad Syam
Tips Memodifikasi Ujung Knalpot Mobil
Knalpot modifikasi

RAKYATKU.COM - Memodifikasi ujung knalpot atau yang biasa dikenal sebagai muffler, mampu meningkatkan penampilan. Namun, tak jarang komponen yang tampaknya sederhana ini dapat mempengaruhi performa kendaraan.

Dilansir dari otoasia, biasanya mobil dengan tipe mesin belakang yang paling merasakan dampaknya. Karena mobil jenis ini memiliki jalur pembuangan yang pendek. Oleh karena itu, ada baiknya mencari referensi atau saran ahli saat mengganti ujung knalpot.

Hal pertama adalah memilih material yang digunakan. Beragam material dapat ditransformasi menjadi ujung knalpot seperti baja tahan karat, titanium, hingga yang termahal karbon. Baik titanium maupun karbon, keduanya tak hanya memberikan tampilan yang menarik, ketahanan dan bobotnya yang ringan, turut menjadi nilai lebih untuk memilihnya.

Pilih desain yang sesuai dengan kendaraan melalui referensi ahli. Ada kemungkinan saat mengganti ujung knalpot, sistemnya pun akan ikut terombak. Perombakan sistem knalpot, tentunya tidak semudah atau sesederhana yang dibayangkan. Terdapat perhitungan yang tepat, agar keluaran tenaga yang dihasilkan mesin tak terbuang percuma.