Jumat, 13 April 2018 08:30 WITA

Pentingnya Spooring dan Balancing untuk Kenyamanan Berkendara

Editor: Nur Hidayat Said
Pentingnya Spooring dan Balancing untuk Kenyamanan Berkendara

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peningkatan keseimbangan berkendara tidak terlepas dari peran komponen kaki-kaki sebagai penopang kendaraan. Perawatan terhadap komponen ini sebaiknya rutin dilakukan untuk menghadirkan kendaraan yang aman dan nyaman. Salah satunya dengan melakukan spooring dan balancing.

"Kaki-kaki merupakan salah satu komponen penting dalam menghadirkan kenyamanan berkendara. Untuk mengetahui kondisinya, sebaiknya melakukan pengecekan melalui spooring dan balancing," ujar Muhammad Shobirin, Customer First Area Department Head Kalla Toyota, Jumat (13/4/2018).

Spooring merupakan salah satu kegiatan dalam penyetelan pada roda (wheel alignment) untuk menyelaraskan antara roda bagian kanan dan kiri. Pada bagian roda depan kegiatan spooring meliputi chamber, caster, toe (toe-in/toe- out), dan radius putar. Sementara pada roda belakang meliputi chamber, toe (toe-in/toe- out).

Sementara, roda kendaraan merupakan salah satu komponen utama dalam melakukan peredaman, serta arah gerak kendaraan. Keseimbangan roda kian berubah seiring gaya sentrifugal yang dihasilkan melalui gaya tarik dan putar.

Pentingnya Spooring dan Balancing untuk Kenyamanan Berkendara

Selain itu, perubahan kondisi suspensi, kontur jalan serta velg menjadi salah satu faktor berubahnya keseimbangan pada roda. Oleh karena itu, balancing perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada roda.

Balancing merupakan salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan roda melalui wheel balancer. Alat tersebut akan menentukan titik berat pada roda serta besaran beban yang harus diberikan pemberat (weight balancer) pada roda agar kembali seimbang.

Spooring dan balancing bertujuan dalam menjaga kestabilan kendaraan, meningkatkan efisiensi, serta memaksimalkan radius putar. Setiap kendaraan memiliki kebutuhan berbeda pada spooring dan balancing, tetapi biasanya kegiatan spooring dan balancing dilakukan setiap 10.000 kilometer atau dalam jangka waktu enam bulan, bersamaan dalam jangka waktu servis berkala.

"Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kami menyarankan pelanggan untuk meminta layanan spooring dan balancing di bengkel resmi Kalla Toyota karena didukung dengan teknisi bersertifikat internasional," kata Shobirin.