Selasa, 17 April 2018 08:00 WITA

Cara Ini Bisa Menghemat Bahan Bakar

Editor: Aswad Syam
Cara Ini Bisa Menghemat Bahan Bakar
Ilustrasi lalu lintas macet

RAKYATKU.COM - Mau hemat bahan bakar kendraan Anda? Begini caranya.

Coba aplikasikan teknik Eco Driving. Otoasia melansir situs resmi Daihatsu, cara mengemudi bisa memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar, yang berujung kepada efek emisi gas buang.

Teknik Eco Driving ini perlu diaplikasikan untuk mencapai efisiensi bahan bakar terbaik dan minim emisi gas buang.

Mudah saja, cara mengaplikasikan Eco Driving, kamu perlu mengemudi dengan prinsip dasar safety driving. Coba ikuti beberapa teknik dasar berikut.

1. Perpindahan Gigi
Jangan tunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan sebelum 2.000 - 3.000 rpm.

2. Kecepatan Harus Stabil
Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 rpm untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. Perlu diingat, setiap mesin memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Mesin 1.000 cc akan berbeda dengan mesin 3.000 cc di kecepatan yang sama.

3. Smooth Driving
Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

4. Ketika Tanjakan dan Turunan
Sangat perlu untuk menjaga kecepatan secara konstan dan putaran mesin tidak terlalu tinggi di kondisi jalanan menanjak dan menurun. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.

So, berkendaralah dengan baik dan benar, supaya bisa menghemat bahan bakar.