Jumat, 27 April 2018 02:30 WITA

X-ADV, Skutik Adventure 745cc Milik Honda Mejeng di IIMS

Editor: Nur Hidayat Said
X-ADV, Skutik Adventure 745cc Milik Honda Mejeng di IIMS
Honda X-ADV.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan skuter matik (skutik) baru bernama X-ADV. Skutik ini mejeng di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Dilansir dari otomaniac, skutik adventure diciptakan secara khusus untuk konsumen yang hobi berpetualang. Motor ini memiliki mesin berkapasitas 745cc yang membuatnya menjadi salah satu moge terbaik yang pernah dibuat Honda. 

Desainnya juga futuristik dan dibekali beragam fitur canggih yang akan mengoptimalkan performa mesin dua silinder berpendingin cairan. Honda X-ADV merupakan hasil karya tim R&D Honda Italia. 

Posisi riding yang nyaman menjadi salah satu kelebihan Honda X-ADV. Adapun dimensinya memiliki ukuran panjang 2.245 mm, lebar 910 mm, dan ketinggian 1.375 kg. 

Bodinya terlihat bongsor, jadi jangan heran apabila bobotnya mencapai 238 kg. Walaupun begitu Honda X-ADV memiliki kemampuan manuver sangat baik dan bisa melewati berbagai medan dengan lancar. 

Pasalnya motor ini memiliki ground clearance 135 mm dan jarak sumbu roda 1.590 mm. Kemudian untuk tinggi tempat duduknya berukuran 820 mm.

Setiap sisi Honda X-ADV terlihat sempurna dan mencerminkan sebuah motor masa depan yang memiliki lekukan bodi tajam dan desain gahar. 

Terlebih Honda melengkapinya dengan instrumen full digital bergaya Rally yang akan menampilkan semua informasi yang dibutuhkan pengendaranya. 

Lalu ada pula windshield yang akan melindungi pengendaranya dari terpaan angin. Windshield tersebut bisa kita atur kemiringannya dan tersedia lima posisi berbeda dari posisi rendah sampai tinggi.

Honda juga melengkapinya dengan handguard dan lampu LED pada bagian depan serta belakang. Desain headlamp motor ini sangat sporty dan tersedia dua lampu yang akan memberikan penerangan secara maksimal. 

Di balik joknya juga tersedia ruang penyimpanan 21 liter yang dilengkapi lampu LED dan socket 12v untuk mengisi ulang gadget ataupun smartphone. Desain belakangnya juga terlihat futuristik dan dipertegas oleh tail light yang memiliki desian tipis.

Tersedia tangki bahan bakar berkapasitas 13 Liter untuk menunjang berkendara jarak jauh. Motor ini sangat cocok bagi pecinta touring, karena akan sangat nyaman dikendarai dan didukung mesin Liquid-cooled, L2, SOHC berkapasitas 745cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 40.3 KW pada 6.250 rpm dan torsi mencapai 68 Nm pada 4.750 rpm. 

Selain itu, Honda X-ADV sudah mengdopsi sistem pembakaran PGM-FI yang membuat kinerja mesin semakin powerfull dan hemat bahan bakar.

Kapan motor ini dipasarkan? Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, mengatakan kehadiran X-ADV di ajang otomotif tahunan ini merupakan tes pasar, untuk mengetahui minat masyarakat tanah air.

"Kami ingin mempelajari dulu potensi pasar di Indonesia untuk Honda X-ADV. Jadi, belum bisa berandai-andai dulu saat ini (akan meluncur)," ujar Thomas.