Selasa, 01 Mei 2018 04:00 WITA

Tips Menyusui yang Aman Saat Berkendara

Editor: Aswad Syam
Tips Menyusui yang Aman Saat Berkendara
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Menyusui adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang tua. Kapan pun anak membutuhkan ASI, ibu sebaiknya segera sigap memberikan ASI untuk si kecil. Lalu bagaimana jika si kecil ingin menyusu ketika sedang berkendara? Berikut ulasan Doktersehat.

Menyusui di dalam mobil atau ketika sedang berkendara, sebenarnya tidak disarankan oleh para ahli. Dari segi keamanan, menyusui ketika sedang berkendara dapat menimbulkan risiko kecelakaan bagi ibu dan anak. Pasalnya ketika menyusu, ibu pasti mengangkat anak dari car seat. Jika terjadi rem mendadak tentunya hal ini sangat berbahaya.

Untuk mencegah risiko menyusui anak saat berkendara, ibu dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

1. Menyusui anak hingga kenyang sebelum berangkat
Untuk mengurangi kemungkinan anak menyusu di jalan, sebaiknya Anda susui anak hingga kenyang sebelum perjalanan dimulai. Dengan demikian, ketika mulai perjalanan anak tidak dalam kondisi lapar dan haus.

2. Sediakan ASI perah
Jika tidak sempat menyusui sebelum berangkat, Anda bisa menyediakan beberapa botol ASI perah sebagai bekal ASI saat di perjalanan. 

Selain menyediakan ASI perah, jangan lupa bawa mainan kesukaan bayi agar ia tidak bosan.

3. Pertimbangkan rute yang akan dilalui
Jika Anda harus menyusui di jalan, maka sebaikya pertimbangkan rute yang akan dilalui. Pilih rute yang melewati rest area atau tempat lainnya yang cukup aman untuk menyusui. Jadi ketika si kecil mulai rewel ingin menyusu, Anda bisa menepi sejenak untuk menyusu.

4. Selalu bawa apron menyusui
Saat berada dalam perjalanan, Anda kadang tidak tahu harus menyusui di mana. Karena itu sebaiknya Anda selalu membawa apron dalam tas ketika bepergian dengan si kecil.