Minggu, 06 Mei 2018 19:49 WITA

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Cari Asuransi Mobil

Editor: Adil Patawai Anar
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Cari Asuransi Mobil

RAKYATKU.COM - Pemilik mobil punya pilihan untuk mengansuransikan mobilnya apabila ingin menghindari biaya yang membengkak jika butuh perbaikan besar. Ini misalnya karena mobil mengalami kecelakaan besar ataupun kecil, atau bahkan hilang dicuri.

Namun, memilih asuransi kadang kala masih membingungkan bagi mereka yang awam. Apalagi bagi mereka yang baru memiliki mobil, sekalipun sudah mewanti-wanti diri untuk punya asuransi.

Poin pertama yang ditekankan dalam memilih asuransi menurut Direktur Mandiri Tunas Finance Arya Suprihadi bukanlah harga.

"Kalau bicara harga sudah tidak menjadi problem karena itu kan sudah diatur Otoritas Jasa Keuangan. Jadi kalau harga sekarang sudah standar di semua perusahaan asuransi," kata dia dilansir otosia.com.

Meski demikian, pembedanya adalah penetapan harga batas bawah dan batas atas.

"Kalau terlalu banyak klaim, asuransi terpaksa menaikkan ke batas atas," kata dia lalu menjelaskan satu inti lain yang bisa diperhatikan konsumen, yakni proses akhir.

Menurut dia, konsumen pada intinya hanya membeli dan melihat bagaimana proses berjalan. Penilaian bisa ditentukan dalam hal bagaimana keluhan mereka ditangani.

"Yang harus diingat, asuransi (adalah bentuk tindakan) preventif. Kita tidak pernah tahu kapan asuransi ini akan dibutuhkan. Yang diperhatikan adalah setelah jadi polisnya, kemudian terjadi klaim, ditanganinya dengan baik atau tidak, bengkelnya bagaimana," kata dia.

Problem umum setelah konsumen memiliki asuransi adalah repotnya tahap pengurusan, mulai dari penolakan klaim sampai sulitnya menghubungi pihak agen asuransi.

Selain itu, kesehatan bisnis lembaga asuransi juga penting, jangan sampai uang yang sudah dibayarkan tiap periode malah menguap sia-sia.

"Kalau pembeli cuma membeli, mendapatkan polis, dan mendapatkan pelayanan setelahnya. Saat terjadi, bisa dilihat apakah klaim itu merepotkan atau sedikit-sedikit ditolak, atau orangnya susah dicari. Itu yang harus hati-hati. Perhatikan juga kesehatan perusahaan asuransi, kecukupan modalnya," kata dia.